3 Desain Rumah Adat Yang Ada di Indonesia

3 Desain Rumah Adat Yang Ada di Indonesia – Seperti yang diketahui banyak orang, indonesia merupakan negara yang mempunyai aneka ragam hayati, terdapat ragam agama, suku, maupun bahasa, di indonesia sendiri ada lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. di indonesia Suku yang paling besar adalah Suku Jawa dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi.

Sedangkan untuk bahasa yang ada di indonesia itu sendiri tercatat ada 742 bahasa, rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk. Pulau Jawa memiliki jumlah penduduk 123 juta orang dan memiliki tidak lebih dari 20 bahasa. Sebaliknya dengan Papua barat yang penduduknya berjumlah 2 juta orang saja memiliki jumlah bahasa mencapai 271 bahasa.

Sedangkan di indonesia Agama yang diakui yaitu ada 6, diantaranya Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu. Saat dulu pada era Order Baru, Agama yang diakui oleh Indonesia hanya 5 Agama yaitu Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha.

Dari sabang sampai merauke tak akan ada habisnya bila membicarakan tentang indonesia, indonesia sendiri mempunyai berbagai budaya yang diwariskan secara turun temurun, salah satu budaya itu sendiri bisa dilihat dari rumah-rumah adat yang ada di indonesia.

Di bawah ini 3 Rumah Adat yang ada di indonesia :

  1. Rumah Rakit, Bangka Belitung

    Rumah Rakit ini merupakan rumah adat yang ada di daerah bangka belitung, keunikan dari rumah Rakit itu sendiri terletak pada posisi rumah rakit dan pada bentuk rumah rakit itu sendiri.
    Seperti namanya, rumah ini terlihat seperti rakit dan dibangun diatas sungai. Karena keunikanya rumah rakit ini menjadi populer di daerah kota palembang. Bahan yang digunakan untuk membuat rakit pada rumah ini adalah bambu jenis mayan yang dapat mengambang dan digunakan juga pada dindingnya. Lalu dindingnya terbuat dari balok kayu dan papan. Sedangkan atapnya terbuat dari ulit yang sudah dianyap. Bahan utama rumah ini menggunakan rotan bertujuan untuk mengikat bambu-bambu dan bagian atas rumah rakit.
  2. Rumah Gapura Candi Bentar, Bali

    Rumah Adat yang satu ini keberadaannya terletak di daerah Bali. Rumah gapura itu sendiri memiliki keunikan, keunikannya itu terletak pada bagian gapuranya yang khas. Rumah adat yang terletak di bali ini mempunya bentuk seperti pura dan gapura di bagian depannya. Rumah adat ini sengaja didesain seperti itu agar terkesan lebih mirip budaya bali dan agar lebih kental pada agama yang dianut di bali itu sendiri. Di bali itu sendiri memang sangat menjaga harta dan kebudayaannya. Dari bahan yang digunakan, bahan bangunan akan bergantung pada tingkat kemapanan keuangan tiap pemilik. Masyarakat biasanya memakai spesi dari lumpur tanah liat, ini bisa dijadikan sebagai dinding bangunan, namun untuk orang yang mempunyai uang biasanya menggunakan batu bata. Tempat suci atau tempat pemujaan pun perlu didesain dan dimiliki satu keluarga atau suatu kumpulan kerabat. Untuk kalangan yang mampu atau mempunya cukup uang bisa menggunakan ijuk sedangkan kalangan kurang mampu atau kalangan yang tidak banyak mempunyai cukup uang bisa menggunakan alang-alang atau genteng.
  3. Rumah Tongkonan, Sulawesi Selatan

    Rumah adat yang satu ini biasa di sebut dengan tongkonan, tongkonan itu sendiri merupakan rumah adat masyarakat Toraja. Rumah adat ini atau rumah tongkonan ini memiliki ciri khas pada bagian atap yang melengkung dan juga menyerupai seperti perahu tersusun oleh bambu. Keunikan rumah tongkonan ini juga bisa dilihat pada bagian depan rumah yang terdapat deretan tanduk kerbau. Sedangkan pada bagian dalam rumah tongkonan ini dijadikan tempat tidur dan dapur. Pada depan rumahnya terdapat lumbung padi. Rumah adat tongkonan dibagi berdasarkan tingkatan atau strata sosial atau keadaan ekonomi warga toraja itu sendiri. Pada bagian struktur panggung menjadi andalan rumah tongkonan ini. Pada bagian tiang biasanya berbentuk bulat dan yang menjadi penyangga lantai dinding dan atap tersebut tidak ditanam dalam tanah namun langsung diletakkan pada batu berukuran besar yang berbentuk persegi. Pada papan dinding dan juga lantai direkatkan tanpa paku akan tetapi dengan diikat atau ditumpuk dengan sistem kunci. Dengan begitu rumah dapat bertahan puluhan tahun. Unik bukan.

    Bagaimana menurutmu ketiga rumah adat tersebut? Tentunya cukup unik bukan? dan membuktikan bahwa negara Indonesia sejak dulu sudah mengenal arsitektur dengan baik melalui adanya beragam rumah adat tersebut.

    Nyari informasi seputar rumah? kunjungi website berikut www.desainruma.com

Tags: