Mengenal Macam Macam Besi Hollow Terlaris di Indonesia

Macam Besi Hollow – Besi hollow atau yang terkadang dimaksud dengan ‘besi holo’ ialah besi berupa batangan yang berongga. Besi ini berbentuk pipa berupa kotak ini banyak dipakai dalam konstruksi, baik menjadi rangka besi plafon ataupun rangka dinding partisi untuk rumah ataupun gedung. Besi hollow yang kuat banyak dipakai menjadi material untuk menukar rangka kayu sebab lebih kuat serta mutunya homogen sebab di produksi di pabrik. Sekarang ini terdapat beberapa beberapa macam besi hollow sama dengan ukuran dan susunan coating-nya.

Besi hollow juga bisa dipasang secara cepat sebab material ini sifatnya praktis. Tukang juga tidak membutuhkan ketrampilan yang tinggi untuk menempatkan besi hollow menjadi rangka pada plafon ataupun dinding. Diluar itu, material ini pula tahan pada serangan rayap, tahan serangan binatang pengerat, dan lebih tahan api. Material besi hollow pun terbuat berbahan yang kuat serta bisa dipakai untuk periode waktu yang panjang. Oleh karenanya, besi hollow lebih awet serta bertahan lama dibanding kayu yang seringkali pun digunakan menjadi material untuk rangka plafon ataupun dinding.

Bukan sekedar digunakan pada ruang indoor, besi hollow banyak juga dipakai menjadi material bangunan untuk ruang outdoor. Besi hollow bisa digunakan menjadi material untuk bikin kanopi carport, pintu pagar, sampai teralis moderen pada fasad rumah. Material ini makin popular bersamaan dengan meningkatnya minat penduduk pada rumah minimalis sebab memiliki bentuk yang lurus serta kotak sama dengan ide rumah-rumah minimalis.

Beberapa macam Besi Hollow?

Macam Besi Hollow
Macam Besi Hollow

Beberapa macam besi hollow umumnya dipastikan oleh type coating yang dipakai untuk melapisi besi. Type coating yang digunakan pun memastikan harga jual market dari besi hollow itu. Coating yang baik akan membuat perlindungan besi hollow dari korosi dan karat karena terpaan panas ataupun dampak kelembapan. Tersebut beberapa macam type besi hollow yang ada di market:

Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis mempunyai susunan finishing dengan formasi 97% zinc dan 1% aluminium serta 2% yang lain adalah beberapa bahan lainnya. Sumber-sumber lainnya ada juga yang mengatakan jika formasi susunan coating dari besi hollow galvanis ialah 98% zinc serta 2% aluminium.

Besi hollow galvanis dibuat oleh proses galvanisasi, yakni pemberian susunan seng menjadi susunan anti karat pada besi. Galvanisasi bisa dikerjakan lewat cara mencelupkan pipa besi ke cairan timah hingga susunan seng melekat pada besi. Susunan seng membuat perlindungan besi dari polutan pemicu karat sampai habis “dimakan” oleh polutan-polutan pemicu karat itu. Sesudah susunan seng habis, baru besi akan berkarat.

Besi Hollow Galvalum

Ketidaksamaan penting dari coating dengan galvalum ialah kandungan aluminiumnya yang tambah tinggi, yakni sampai 55%. Lebih detailnya kembali, formasi dari susunan coating galvalum ialah 55% aluminium serta 45% zinc. Kandungan aluminium yang tambah tinggi membuat besi hollow galvalum lebih tahan pada karat.

Akan tetapi kekurangan dari besi hollow galvalum ialah tidak tahan pada semen hingga lebih tidak tahan pada keropos. Akan tetapi jika tidak dipakai bersentuhan langsung dengan semen, besi hollow galvalum tentu saja lebih awet serta dapat bertahan lebih lama dari serangan polutan pemicu karat.

Mau beli besi hollow? Beli aja di infohargamaterial.com, harga besi hollow galvanis disana cukup murah yaitu mulai dari Rp 50.000 saja per batang.

Tags: