Mengatasi Burung Perkutut Macet Bunyi

Mengatasi Burung Perkutut Macet Bunyi – Berikut ini beberapa tips atau cara agar burung perkutut kembali manggung dengan giras secara rajin untuk perkutut semua jenis.

Burung perkutut merupakan burung kicau yang suaranya sangat eksotis dan fenomenal, suara burung perkutut sendiri acap kali dianggap memiliki nilai magis karena mamang suaranya yang eksotis tersebut terdengar agak agak horor.

Namun bagi para penggemar burung perkutut hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk terus menambah koleksi burung perkutut.

Ada banyak sekali jenis burung perkutut yang sudah masuk di Indonesia, mulai dari jenis lokal sampai dengan jenis perkutut import seperti perkutut bangkok, kemudian ada lagi perkutut keturunan hasil persilangan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengatasi burung perkutut macet bunyi dengan ampuh dan cara ini tergolong mudah, hanya butuh ketelatenan dan kesabaran.

Tips Mengatasi Burung Perkutut Macet Bunyi

Ketika burung kicau milik kita sedang macet bunyi maka hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah jangan panik, terlebih dahulu kita cari tahu penyebabnya.

Dan berikut ini langkah langkah penyembuhan atau cara mengatasi burung perkutut macet bunyi.

1. Kebersihan Kurungan

Hal yang pertama anda lakukan adalah dengan membersihkan kurungan burung perkutut.

Cuci kurungan dengan deterjen sampai benar benar bersih agar virus virus yang ada dalam kurungan bisa hilang dengan cara mencuci kurungan.

Biasanya burung perkutut macet bunyi lantaran sakit akibat virus yang ada dalam kurungan dan berasal dari kotoran yang menumpuk dan jarang di bersihkan.

2. Pemberian Pakan

Ketika burung sakit maka burung akan lebih sedikit makan, untuk itu perhatikan ketersedian pakan dan masa expired pakan burung.

Penyebab sepele biasanya lantaran pakan dari burung perkutut tersebut sudah berjamur atau sudah tidak layak konsumsi.

Jadi pemberian pakan harus benar benar di kontrol agar kesehatan burung terjaga dan mau untuk manggung setiap saat dengan gacor.

3. Memandikan Burung

Jika burung perkutut tidak mau untuk manggung, maka anda bisa memandikannya dengan tujuan membersihkan kotoran yang menimbulkan virus atau bibit penyakit.

Membersihkan bulu bulu burung dengan memandikannya akan menyegarkan burung perkutut dan hal tersebut terkadang ampuh untuk membuat burung perkutut kembali manggung.

Dan perhatikan dalam memandikan burung, lakukan cara ini disaat pagi hari dengan cuaca yang cerah atau tidak mendung agar burung cepat kering.

4. Penjemuran

Setelah memandikan burung maka anda perlu untuk menjemur burung dengan menjemurnya pada tiang yang tinggi atau di tempat yang tinggi seperti pada tiang tiang penjemuran burung.

Langkah ini bertujuan untuk menyegarkan burung perkutut dan agar burung tersebut bisa mendapatkan vitamin D dari proses penjemuran tersebut.

5. Mendengarkan Suara Perkutut Betina

Biasanya burung perkutut macet bunyi lantaran sedang birahi, untuk itu coba anda perdengarkan suara burung perkutut betina agar meredakan tingkat birahi burung perkutut.

Cara ini juga terbilang cukup ampun untuk membangkitkan kembali gairah berkicau burung, bukan hanya pada burung perkutut saja namun untuk semua jenis burung kicau juga kerap kali menggunakan cara ini.

6. Pemberian Makanan Ekstra

Ekstra fooding pada burung perkutut tidak mahal, anda cukup memberikan kacang ijo yang sudah lembut lalu silahkan anda berikan kepada burung perkutut dengan cara di lolohkan.

Namun jika masuk musim pancaroba, maka silahkan anda parutkan kencur yang anda iris tipis tipis.

Untuk cara memberikan kepada burung perkutut sama seperti memberi makan dengan kajang ijo lembut yakni dengan melolohkan ke burung perkutut.

Nah, itu tadi beberapa tips atau cara mengatasi burung perkutut macet bunyi yang bisa sobat praktikan,

Selain hal hal diatas, ada penyebab lain yang tidak bisa dihindari yang menyebabkan burung perkutut macet bunyi.

Yakni pada saat burung ini mabung atau berganti bulu dengan bulu baru secara alami.

Proses ini memang akan membuat semua burung terlihat loyo dan macet bunyi, untuk itu sobat jangan panik karena proses ini akan berakhir dengan sendirinya dan setelah proses ini berakhir maka burung akan kembali lagi berkicau atau manggung.

Sekian tips yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat.

Tags: